Mata Uang Ringgit Malaysia Dan Sejarahnya

Mata Uang Ringgit Malaysia Dan Sejarahnya | Seperti namanya Ringgit Malaysia merupakan matauang negara malaysia atau juga disingkat dengan RM, sama seperti di Negara Indonesia pecahan mata uang ringgit malaysia terdiri dari pecahan receh dan pecahan uang kertas perbedaan di malaysia RM Pecahan uang recehnya terdiri dari 1 sen, 5 sen, 10 sen, 20 sen, dan 50 sen. Sedangkan pecahan uang kertasnya terdiri dari RM2, RM5, RM10, dan RM20.

Awalnya istilah Ringgit berasal diri sisi bergerigi pada perak dolar Spanyol yang pada saat itu dibawa oleh orang – orang Portugis pada sekitar abad ke 16 sampai abad ke 17 banyak digunakan oleh masyarakat disana. Selain itu, Dolar Brunei, dan Dolar Singapura dulu juga disebut sebagai ringgit. Istilah Ringgit sebagai mata uang resmi Malaysia mulai diberlakukan secara resmi sejak bulan Agustus 1975. Sebelumnya nama mata uang tersebut dikenal dengan dollar dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Melayunya adalah Ringgit. Pada saat itu, simbolisasi $ masih umum digunakan hingga pada akhirnya diubah menjari RM yang merupakan kependekan dari Ringgit Malaysia mulai dari tahun 90an.

Pada tahun 1997 sampai tahun 1998, terjadi krisis ekonomi dunia. Pasca kejadian tersebut uang resmi Ringgit Malaysia tersebut tetap dipatok dalam nilai yang tidak berubah yaitu RM3.80 tiap satu dollar. Bank Nasional Malaysia pada bulan Juli 2005 memutuskan untuk tetap mengembangkan mata uang Ringgit Malaysia untuk beberapa mata uang besar. Hal tersebut dilakukan pada hari yang sama dengan terjadinya revaluasi mata uang Yuan.
Walaupun Ringgit Malaysia adalah mata uang resmi di Malaysia, ternyata mata uang dari negeri tetangga ini juga pernah digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu sekitar tahun 70an. Hal ini mungkin belum begitu diketahui oleh masyarakat Indonesia saat ini. Saat itu, pecahan 1 Ringit Malaysia bernilai dua setengah rupiah. Selain itu, Ringgit juga digunakan sebagai satuan keuangan pada masa Kesultanan Deli dengan memiliki nilai 2 kupang. Namun, saat ini uang tersebut tentu sudah tidak digunakan lagi di Indonesia karena Indonesia telah memiliki mata uang resmi sendiri yaitu Rupiah.
sumber: jumro.blogspot.com
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: