Mata Uang Poundsterling dan Sejarahnya

Mata Uang Poundsterling dan Sejarahnya
Penulis: Paula
Mata uang Pound sterling adalah mata uang resmi yang digunakan di Britania Raya. Poundsterling biasa disingkat pounds dan disimbolkan dengan GBP. Selain digunakan sebagai mata uang di Britania Raya, mata uang ini juga digunakan di Gibraltar, Kepulauan Falkland, Jersey, Guernsey, dll.
Perlu diketahui bahwa mata uang Pound sterling adalah mata uang yang tertua di dunia. Selain itu mata uang ini juga tidak mengalami perubahan selama 600 tahun terakhir. Istilah pound sterling diambil dari kata pound dan sterling yang merujuk pada logam perak yang memiliki berat satu pound yang digunakan untuk nilai pembanding mata uang tersebut.
Namun, pada era modern, mata uang Pound sterling sudah tidak lagi dikait – kaitkan dengan nilai perak dalam berat khusus misalnya harus memiliki berat 1 pound, namun saat ini nilai Pound sterling lebih ditentukan oleh mekanisme pasar yang berdasarkan pada permintaan dan penawaran.
Pihak yang paling bertanggung jawab dengan nilai tukar dan peredaran mata uang Pound sterling adalah Bank of England karena ini adalah bank sentral dan yang menerbitkan mata uang tersebut.
Sebenarnya Britania Raya termasuk dalam anggota Uni Eropa. Tetapi negara ini tidak menggunakan Euro sebagai mata uang mereka setelah adanya referendum yang dilaksanakan memperlihatkan bahwa penduduk di negara ini tidak merasa tertarik untuk menggunakan mata uang Euro. Selain Britania Raya, negara Uni Eropa lain yang tidak menggunakan mata uang Euro adalah Swedia dan Denmark.
Mata uang Pound sterling terdiri dari uang koin dan uang kertas. Uang koin terdiri dari 2 pound, 1 pound, 50 pence, 20 pence, 10 pence, 5 pence, 2 pence, dan 1 penny. Sementara itu, uang kertas terdiri dari pecahan 50 pounds, 20 pounds, 10 pounds, dan 5 pounds.
Perlu diketahui bahwa Pound sterling adalah mata uang keempat yang paling banyak dipertukarkan dalam pertukaran mata uang asing setelah Dollar Amerika, Euro, dan Yen Jepang. Poundsterling adalah nama resmi dan lebih umum dikenal dengan pound.
Iklan

2 Tanggapan to “Mata Uang Poundsterling dan Sejarahnya”

  1. bali tour Says:

    Terima kasih atas informasinya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: